Cara agar UKM naik "Kelas"

Cara agar UKM naik "Kelas"

mobile.aditama-finance.com   |   Aditama Finance   |   Rabu, 7 Februari 2024

Dalam perkembangan bisnis UKM, naik “kelas” merupakan salah satu tujuan pemilik bisnis dalam mengembangkan sektor bisnisnya. Manfaat dari naik kelas salah satunya agar mampu bersaing di pasar global saat ini. Banyak langkah-langkah maupun tindakan yang bisa dilakukan agar bisnis UKM bisa naik “kelas”. Lantas langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan agar UKM bisa naik “kelas” ? Mari disimak ya !

1.Perlu Pendampingan UKM

Pendampingan atau bimbingan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat sangat membantu dalam mengatasi tantangan dan mencapai pertumbuhan. Dalam pendampingan UKM banyak aspek yang didapat seperti keuangan, Manajemen dan teknologi. Mentorship merupakan salah satu cara pendampingan yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha agar bisnis nya dapat naik “kelas”

2.Inovatif dan Mengembangkan Riset

Inovasi dan pengembangan riset merupakan elemen kunci untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM). Selalu coba untuk mengidentifikasi peluang inovasi dalam produk, layanan, atau proses bisnis Anda. Perhatikan tren pasar, umpan balik pelanggan, dan peluang baru di industri.

3.Melengkapi Legalitas usaha dan Menyusun Laporan Keuangan

Jika ingin menjadi UKM yang naik “kelas”, kita perlu berbenah diri dengan beberapa persiapan yaitu dengan melengkapi legalitas badan usaha yang dimana memiliki legalitas yang lengkap dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas pelanggan, mitra bisnis. Hal ini dapat membantu UKM untuk membangun reputasi yang baik di pasar. Menyusun laporan keuangan juga memiliki peran yang penting agar UKM bisa naik “kelas” agar kita bisa tahu mengenai Kesehatan Finansial UKM kita serta memiliki data keuangan yang baik.

4.Inkubator Bisnis

Cara keempat yang bisa dilakukan agar UKM bisa naik “kelas” yaitu dengan Inkubator Bisnis. Yang dimaksud dengan inkubator bisnis yakni program yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan serta pengembangan bisnis. Keuntungan dari inkubator bisnis yakni konsultasi hukum dan bisnis yang dapat membantu UKM memahami peraturan yang berlaku, lalu melalui inkubator bisnis pelaku usaha juga bisa mendapatkan fasilitas pembiayaan atau investasi

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif UKM perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap bisnisnya, mencari peluang untuk meningkatkan efisiensi, dan mengembangkan strategi pertumbuhan yang tepat. Mengikuti pelatihan, mencari kemitraan, dan berpartisipasi dalam program dukungan UKM juga bisa menjadi langkah-langkah yang membantu. Dengan memahami aspek-aspek tersebut, para pelaku bisnis dapat menaikan “kelas” UKM.

Berita Terbaru
Chat Via WhatsApp
aditama aditama camera