5 Tips Untuk Merawat Mesin Industri

5 Tips Untuk Merawat Mesin Industri

mobile.aditama-finance.com   |   Aditama Finance   |   Rabu, 9 Oktober 2019

5 Tips Untuk Merawat Mesin Besar

1. Buat logbook harian terhadap penggunaan mesin sekaligus mengawasi operasinya

Menggunakan logbook membuat kita dapat memantau aktivitas operasional mesin sehari-hari, mengawasi operasi mesin juga bisa melalui GPS. Perangkat akan melacak gerakan dan mencatatnya dalam catatan digital, dengan demikian masalah dapat diketahui lebih awal dan kerusakan dapat dicegah.

2. Mematuhi jadwal pemeliharaan yang sudah ditentukan

Adanya komponen mesin yang tidak berfungsi optimal akibat pemakain memang tidak bisa dihindari. Untuk itu, cobalah mengganti setiap komponen sesuai jadwal yang sudah dibuat dan harus dilakukan oleh teknisi yang berpengetahuan.

3. Frekuensi melumasi dan kebersihan

Menggunakan alat berat membutuhkan perawatan harian, kontaminasi dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan air merupakan sumber utama korosi maka pelumasan adalah upaya untuk mencegah korosi. Jadi, beberapa komponen terutama bagian yang bergerak dalam mesin harus sering dilumasi.

4. Melakukan pemeriksaan dan pemantauan komponen

Pemeriksaan komponen secara visual dan berkesinambungan dapat mencegah kerusakan atau kegagalan pada mesin. Komponen yang harus diganti lebih cepat mungkin menandakan masalah yang lebih besar yang perlu didiagnosis.

5. Melindungi peralatan selama penyimpanan

Mesin besar harus disimpan dibawah penutup dimanapun yang memungkinkan. Selain itu, mesin motor, turbin, mixer dan peralatan lainnya harus dirotasi sesering mungkin. Periksa karat mesin yang sedang idle, kondensasi dan kontaminasi.

Demikian 5 Tips Untuk Merawat Mesin Industri Anda

Berita Terbaru
Chat Via WhatsApp
aditama aditama camera